Pages

Jumat, 22 Oktober 2010

Sulap : Robert Houdin Mencegah Perang Dengan Permainan.




           Banyak orang tau bahwa pesulap Prancis  Jean Eugene Robert Houdin (1805-1871) adalah bapak sulap modern. Sebelum kemunculan Robert Houdin, para pesulap biasanya tampil kostum jubah sambil membacakan mantra-mantra religious (entah benar atau tidak  mantra itu). J
            Robert Houdin mengubah semua itu, dengan mengenakan pakaian untuk acara makan malam(seperti jas) dan dengan perkataan yang wajar dan logis.
Pada tahun 1856, pemerintah Perancis meminta bantuan Robert Houdin untuk menghentikan kerusuhan di suatu wilayah Perancis,Algeria. Tentu itu bukan karena kekuatan militernya melainkan keahliannya dalam membuat keajaiban.
            Tugas Houdin adalah menunjukan kepada orang Algeria bahwa sulap Perancis jauh lebih hebat ketimbang apa yang mereka punya. Saat itu, Robert Houdin menyajikan sebuah ilusi “Light And Heavy Trunk” dengan meminta seorang adis kecil untuk mengangkat, dan dengan mudah gadis itu bisa mengangkatnya. Lalu , Houdin meminta pria Algeria yang paling kuat untuk mencobanya, lalu dengan seditik langkah “mstis” laki-laki itupun tak bis mengangkat ataup menggeser kotak tersebut.
            Untuk jasa Houdin yang patriotik ini dia di anugrahi Medali oleh pemerintah Perancis.


0 komentar:

Posting Komentar